Beberapa Kemudahan Membayar PBB Secara Online

default featured image
5 Cara Bayar PBB Online dengan Mudah dan Cepat
source gambar : idntimes.com

Sebagai warga Negara yang taat kepada aturan tentunya kita memiliki kewajiban untuk membayar pajak Negara. Salah satu jenis pajak yang wajib dibayarkan ialah Pajak Bumi dan Bangunan atau yang biasa disebut dengan PBB. Orang yang memiliki kewajiban untuk membayar PBB adalah orang yang mempunyai kepemilikan tanah dan bangunan.

Jatuh tempo pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan ini yakni sekali dalam setahun dan memiliki masa tenggang mulai dari 6 bulan sebelum habis masa pembayaran. Biasanya anda bisa membayar PBB ini langsung ke kantor Badan Pendapatan Daerah, namun sekarang tidak perlu repot – repot karena membayar pajak bisa dibayar lewat jalur online.

Dengan adanya pembayaran tagihan PBB lewat online tentunya hal tersebut sangat memberi kemudahan terutama bagi orang – orang yang memiliki kesibukan. Terkadang banyak orang bukan sengaja meninggalkan pembayarn pajak, hanya saja mereka tidak memiliki waktu untuk dating langsung ke kantor BPD dan membayar pajak.

Tetapi dengan adanya pemanfaatan teknologi internet kini bayar pajak sudah tidak sesulit dulu. Anda bisa melakukan pembayaran PBB online dengan mengikuti cara bayar pbb online berikut ini.

  1. Cara membayar PBB online lewat situs resminya

Salah satu cara pembayaran PBB secara online bisa diakses melaui situs resmi kantor pajak yakni di www.pajakonline.go.id .Nantinya dari website resmi tersebut anda bisa mengakses pembayarn paja online dengan mendaftarkan akun menggunakan NIK atau NPWP anda.

Jika pendaftaran telah berhasil maka anda akan mendapatkan pemberitahuan aktivasi melalui email. Setelah aktivasi berhasil maka anda akan bisa mengakses akun pajak anda dan anda bisa melihat tagihan pajak yang harus dibayarkan.

  1. Cara membayar pajak online melalui Tokopedia

Saat ini e-cmmerce seperti Tokopedia juga sudah menjadi rekanan resmi untuk bisa membayar tagihan pajak secara online. Berikut cara membayar tagihan pajak melalui aplikasi Tokopedia.

  • Masuk ke aplikasi Tokopedia lalu pilih menu PBB Online.
  • Jika sebelumnya anda belum pernah menggunakan aplikasi ini maka anda akan diminta untuk mengisi data seperti NIK dan NOP anda. Tetapi jika sebelumnya sudah pernah mendaftar maka akn muncul rincian tagihan dari PBB yang harus dibayarkan.
  • Periksa apakah rincian pembayaran PBB yang harus dibayarkan sesuai dengan data diri anda.
  • Jika rincian pembayaran sudah benar maka pilih pembayaran, lalu pilih metode pembayaran yang digunakan.
  • Anda bisa memilih metode pembayarn tunai di kantor pos ataupun lewat gerai minimareket terdekat dari sekitar anda.
  • Setelah metode pembayaran dipilih maka pilih menu bayar sekarang.
  • Setelah itu akan muncul kode pembayaran.
  • Saat akan melakukan pemabayarn baik di kantor pos maupun di minimarket sekitar anda jangan lupa berikan kode pembayaran tersebut.
  • Lakukan pembayaran dan jangan lupa simpan struk bukti pembayaran pajak tersebut.

Itulah beberapa cara membayar PBB online yang bisa anda lakukan tanpa harus repot – repot antri di kantor perpajakan. Tentunya selain menghemat waktu metode pembayaran ini juga mengurangi resiko telat membayar pajak karena sekarang membayar pajak sudah sangat mudah dilakukan. Jadi sebagai warga Negara yang baik sudah tidak ada lagi alasan untuk kita malas membayar pajak.

Karena dengan adanya metode pembayaran PBB secara online ini kita sudah tidak kesulitan lagi membayar pajak. Dengan membayar pajak pun berarti kita sudah membantu berkontribusi untuk urusan pembangunan Negara agar kedepannya infrastruktur dan juga fasilitas umum semakin baik.