5 Cara Memilih Kondom yang Tepat dan Aman

5 Cara Memilih Kondom yang Tepat dan Aman

Penggunaan kondom salah satu langkah untuk yang tidak menggunakan KB. Ada banyak sekali produk kondom yang dijual bebas. Anda bisa membelinya dengan mudah. Pilihlah yang memang sudah diakui produknya dengan bahan terbaik. Hanya saja perlu untuk mengetahui cara memilih kondom yang tepat dan aman agar Anda nyaman menggunakannya.

Desain yang Digunakan

Pilihlah kondom yang desainnya dibuat menyesuaikan bentuk penis. Di mana penis tidak terasa sesak atau pun kaku saat menggunakannya. Kemudian, jangan terlalu fokus dengan aroma dan mengabaikan desain bentuk kondomnya. Diskusikan dengan pasangan untuk desain yang disukai bisa jadi solusi agar tetap mendapatkan kenyamanan selama berhubungan seks.

Ukuran yang Dipilih

Penting untuk mengetahui ukuran yang pas agar sesuai dengan ukuran penis, sehingga Anda merasa nyaman. Ukurannya terdiri dari close fit yang lebarnya 49 mm. Ada namanya ukuran nyaman dengan lebar kurang lebih 52.5 mm.

Bisa juga memilih ukuran besar yang lebarnya 56 mm. Ukuran kondom juga tersedia dengan ukuran kecil yang cocok untuk penis berukuran 12 sentimeter (cm).  Ukuran reguler pilihan untuk penis yang ketebalan 12-13 cm. Ukuran besar untuk ketebalan 13-15 cm.

Jenis Material

Cara memilih kondom yang tepat dan aman dengan melihat dari jenis materialnya. Pilihlah yang menggunakan bahan dasar lateks karena efektivitasnya 82-98%. Bahan ini melekat di penis, tidak kelonggaran, atau pun kesempitan.

Bahan ini juga tidak mudah bocor jadi aman digunakan. Jika Anda mengalami alergi lateks, pilihlah bahan materialnya dari polyurethane, polyisoprene, dan lambskin. Alergi bisa dilihat jika Anda mengalami gatal dan ada rasa terbakar saat menggunakannya.

Adanya Pelumas

Pilihlah alat kondom yang ada pelumasnya agar saat menggunakannya tidak menimbulkan rasa nyeri. Mengingat cairan pelumas pada penis tertutup dengan alat tersebut. Jadi saat berhubungan bisa tetap merasa nyaman. Jenis pelumas yang digunakan adalah spermisida (nonoxynol-9) fungsinya untuk membunuh sperma.

Pelumas ini bisa mencegah sperma masuk ke dalam serviks. Jenis lainnya menggunakan pelumas non spermisida yang kandungannya lebih ringan dibandingkan spermisida, pelumas ini hanya berfungsi mencegah terjadinya alergi.

Pilihlah Ketahanan yang Bagus

Pilihlah kondom yang memiliki daya tahan terbaik agar aman terhadap gesekan saat sedang berhubungan intim. Kuatnya daya tahan kondom dari segi ukuran yang pas dan bahannya menggunakan kualitas terbaik. Kondom yang tahan digunakan tentunya belum kering, warnanya masih bagus atau tidak memudar, dan baunya masih sesuai aroma yang tersedia.

Anda tentu bisa menerapkan cara yang sudah dipaparkan dengan mudah. Tinggal teliti saja memperhatikan detail dari kondom yang akan digunakan. Anda sebagai orang tua anak tentu perlu menerapkan ilmu parenting yang tepat agar tidak mengalami kesalahan begitu juga dengan anaknya. Dapatkan banyak ilmu parenting hanya di Orami Magazine.